Fungsi Surgical Gloves Atau Sarung Tangan Bedah

 

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menggunakan sarung tangan. Fungsinya untuk melindungi tangan dari berbagai ancama seperti kuman, bakteri atau dari benda tajam. Dalam dunia medis, khususnya didunia bedah, penggunaan sarung tangan atau gloves juga sangat penting. Sarung tangan didunia bedah disebut dengan istilah surgical gloves. Fungsi dari sarung tangan ini untuk melindung tangan dari lingkungan sekitar seperti menghindari pencemaran atau perpindahan bakteri, melindungi tangan dari pisau bedah, dan sebagainya. Sehingga penggunaan sarung tangan dalam proses bedah bisa dibilang sangat krusial dan seorang dokter bedah diwajibkan untuk memakainya. Bukan hanya dokternya saja, semua yang terlibat dalam proses bedah diwajibakan menggunakan sarung tangan.

Alasan lain mengapa sarung tangan bedah sangat diharuskan untuk digunakan para petugas medisnya yaitu saat melakukan bedah, ada kemungkinan bahwa tangan melakukan kontak langsung dengan bahan infeksius misalnya selaput lendir, atau melakukan kontak dengan benda yang terkontaminasi. Penggunaan sarung tangan bedah pun tidak sembarangan. Biasanya sarung tangan harus diganti setiap kali melakukan perubahan prosedur hal ini untuk menjaga agar tidak ada kontaminasi pada pasien. Selain itu, sebelum menggunakan pergantian sarung tangan bedah, maka tangan harus kembali dicuci agar tetap steril. Terlihat merepotkan memang namun begitulah prosedur kesehatan yang seharusnya demi keselamatan bersama.

Untuk lebih mengenal mengenai sarung tangan bedah, berikut beberapa jenis sarung tangan yang digunakan didunia medis:

 

– Bahan lateks dan karet

Sarung tangan untuk dunia medis ada yang terbuat dari lateks maupun karet ataupun bisa juga karet sintetis. Sarung tangan jenis ini biasanya digunakan untuk jangka pendek saja. Jika harus membandingkan antara bahan lateks dan karet sebenarnya tidak terlalu berbeda hanya saja bahan karet cenderung lebih fleksibel serta tahan lama dibanding lateks. Sebenarnya pemilihan sarung tangan bedah harus sesuai prosedur yang berlaku. Penggunaan bahan sendiri bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan serta kenyamanan. Biasanya setiap departemen (poli ortopedi, poli kulit, dll) memiliki spesifikasi tersendiri terhadap bahan sarung tangan bedah yang ingin digunakan disesuaikan dengan kenyamanan saat digunakan.

 

– Karakteristik sarung tangan bedah

Surgical gloves atau sarung tangan bedah memiliki karakteristik tersendiri yang tentunya berbeda dengan sarung tangan biasa. Saring tangan biasa harus mudah digunakan dan dilepaskan. Dengan begitu, proses pemakaian dan pelepasan sarung tangan tidak akan menghalangi jalannya proses bedah. Kemudian ia harus nyaman digunakan dan harus bebas dari resiko alergi. Sarung tangan bedah tentu saja harus nyaman untuk digunakan karena kalau tidak akan beresiko terhadap proses pembedahan. Maka dari itu, bahan yang digunakan untuk membuat sarung tangan bedah harus sesuai keamanan terutama tidak menyebabkan alergi.

Sarung tangan bukan hal yang baru dalam kehidupan kita karena sudah digunakan sejak jaman dahulu ketika dunia belum berkembang modern sekaligus. Sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan ketika bekerja atau ketika menghadapi kondisi tertentu. Perkembangan jaman telah membuat sarung tangan juga semakin berkembang dan disesuaikan dengan fungsinya. Begitupun dengan bahannya yang semakin disesuaikan. Untuk surgical gloves, bahan lateks, karet dan karet sintesis memang banyak digunakan karena paling aman dan sesuai dengan prosedur. Bahan-bahan tersebut juga mampu melindungi tangan para petugas medis dari kontak langsung dengan bakteri ataupun kuman selama proses pembedahan berlangsung. Dengan begitu, kontaminasi bisa diminimalisir baik terhadap pasien maupun tenaga medis. Untuk mendapatkan sarung tangan bedah biasanya diperoleh dari distributor alat-alat kesehatan.

Fungsi Surgical Gloves Atau Sarung Tangan Bedah