Mengenal Berbagai Macam Alat Kesehatan

Mengenal Berbagai Macam Alat Kesehatan

Dalam dunia medis, alat kesehatan merupakan komponen yang paling krusial karena alat-alat tersebut sangat menunjang dalam membantu mendiagnosa dan mengobati pasien. Tentu saja alat kesehatan tidak hanya terdiri dari satu macam. Saat kita memeriksakan diri ke rumah sakit kita bisa melihat begitu banyak alat kesehatan yang digunakan untuk menunjang proses pemeriksaan pasien. Alat-alat kesehatan pun tidak sembarangan karena biasanya ia diharuskan steril.

Bagi orang awam yang tidak bergelut didunia medis mungkin masih terasa asing dengan berbagai alat-alat kesehatan yang digunakan para tenaga medis. Tidak adanya salahnya jika kita mempelajari apa saja alat-alat tersebut dan fungsinya sehingga kita bisa lebih mengenalnya. Mengenai alat-alat kesehatan sudah diatur sedemikian rupa agar alat-alat tersebut memenuhi standar dan banyak sekali kategori mengenai berbagai alat-alat kesehatan tersebut. Misalnya:

  1. Alat-alat kesehatan yang bisa digunakan dirumah maupun dirumah sakit

Biasanya alat-alat kesehatan seperti ini bisa digunakan dirumah maupun di rumah sakit dan lebih bersifat perawatan untuk pasien. Beberapa contoh alatnya seperti alat pembalut luka (plester, kasa, dll). Setiap rumah biasanya memiliki kotak P3K yang didalamnya terdapat macam-macam obat dan tidak ketinggalan pembalut luka. Kemudian alat lainnya seperti buli-buli panas yang digunakan untuk kompres panas. Alat-alat kesehatan seperti bisa dibeli sendiri oleh pasien di apotik misalnya dan bisa digunakan dirumah.

  1. Alat-alat kesehatan yang digunakan untuk tindakan medis

Selanjutnya ada alat-alat kesehatan yang digunakan khusus untuk tindakan medis. Biasanya alat-alat ini digunakan dirumah sakit oleh tenaga medis. Beberapa contoh alat-alatnya seperti sarung tangan atau gloves. Gloves merupakan alat wajib yang harus digunakan tenaga medis ketika menangani pasien atau melakukan tindakan medis guna melindungi tangan dari pengaruh lingkungan sekitar atau menjaga tangan agar steril. Kemudian ada juga suntikan atau syringe. Suntikan digunakan untuk menyuntik misalnya menyuntikan obat untuk pasien, atau untuk pengambilan darah. Jarumnya sendiri merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk dihubungkan dengan suntikan untuk berbagai keperluan. Jarum juga dibutuhkan misalnya untuk infus.

  1. Alat-alat kesehatan untuk mendiagnosa

Dalam kategori ini, alat kesehatan digunakan dengan tujuan untuk mendiagnosa kondisi kesehatan pasien. Contoh alat-alat yang termasuk dalam kategori ini adalah Chart Vision Snellen. Alat ini digunakan untuk memeriksa visus ataupun untuk memeriksa ketajaman mata. Alat ini biasanya ada di rumah sakit khusus mata atau di poliklinik bagian mata. Contoh lainnya seperti tongue depressor. Alat ini digunakan untuk menekan lidah supaya dokter bisa lebih mudah untuk melihat kondisi atau gangguan di tenggorokan. Selanjutnya yang paling sering kita lihat dan ketahui adalah stetoskop. Alat ini digunakan untuk mendengar bunyi organ tubuh seperti detak jantung atau paru-paru. Ada juga jenis stetoskop lainnya yang digunakan misalnya stetoskop yang khusus digunakan oleh bidan untuk mendengar detak jantung bayi.

Selain alat-alat diatas, sebenarnya masih begitu banyak alat-alat kesehatan yang digunakan didunia medis. Misalnya saja alat-alat bedah yang penamaannya saja terkadang sulit disebut untuk orang awam seperti scalpel (pisau bedah), forceps (penjepit), gunting, dan lain sebagainya. Biasanya rumah sakit bekerja sama dengan distributor alat kesehatan resmi untuk mensuplai kebutuhan akan alat-alat kesehatan. Hal tersebut karena alat-alat kesehatan ada yang hanya bisa digunakan satu kali lalu dibuang dan ada juga alat yang bisa digunakan terus menerus. Distributor alat-alat medis tentu harus resmo dan terpercaya agar kualitasnya terjaga.

Mengenal Berbagai Macam Alat Kesehatan