Alat Medis

Memilih Alat Medis Yang Berkualitas

Alat medis terdiri dari berbagai macam. Biasanya rumah sakit, atau balai pengobatan memiliki beragam alat medis yang digunakan untuk menunjang dalam pemeriksaan kesehatan maupun pengobatan pasien. Alat-alat medis memiliki nama dan fungsinya masing-masing. Bagi mereka yang tidak terlalu mengenal dunia medis tentu saja tidak begitu hafal nama-nama dari setiap alat-alat tersebut. Misalnya saja untuk alat yang paling sering digunakan seperti stetoskop. Ia tidak hanya satu macam namun ada jenis stetoskop lainnya yang digunakan tenaga medis.

Alat-alat kesehatan harus memenuhi standar yang sudah diatur dalam undang-undang kesehatan. Maka, baik para distributor maupun manufaktur alat kesehatan tidak bisa asal dalam membuat alat-alat tersebut karena hal tersebut berhubungan langsung dengan kesehatan. Jika alat-alat medis tidak dibuat sesuai standar maka akan membahayakan dan fungsinya tentu tidak akan lagi sesuai. Maka dari itu, pihak pengguna alat-alat kesehatan seperti rumah sakit harus senantiasa memperhatikan kualitas alat-alat medisnya jika ingin keselamatan pasien terjamin dan fungsi dari alat-alat tersebut bisa maksimal.

Lalu bagaimana caranya memilih alat-alat yang berkualitas?

– Mengetahui standar

Seperti yang telah disebutkan bahwa alat-alat kesehatan memiliki standarnya sendiri yang berpengaruh terhadap bentuk hingga fungsinya. Orang awam mungkin tidak akan begitu mengetahui bagaimana standar yang sebenarnya untuk alat-alat kesehatan itu. Namun tenaga medis atau orang-orang yang bekerja dilingkungan medis pastinya bisa mengetahui bagaimana standar alat kesehatan yang sesuai. Sehingga pedoman standarisasi ini sebaiknya tidak diabaikan.

– Harga

Ada pepatah mengatakan bahwa harga tidak bisa menipu. Ada rupa ada harga. Pepatah tersebut memang ada benarnya. Sebaiknya memilih alat medis tidak hanya berdasarkan harganya saja. Banyak memang yang menawarkan harga murah namun belum tentu kualitasnya terjamin. Maka dari itu, lebih baik mengeluarkan kocek yang sedikit lebih besar daripada harus mengambil resiko dengan membeli barang yang murah namun tidak berkualitas. Namun begitu, pastikan untuk mengetahui harga dipasaran sehingga bisa terhindar dari oknun yang berusaha menjual

Alat Medis