Menggunakan Sterile Gloves Yang Berkualitas

Didunia medis sudah dikenal dengan sterile gloves yaitu sarung tangan steril yang digunakan untuk berbagai kebutuhan penanganan medis. Penggunaan sarung tangan steril ini dimaksudkan untuk meminimalisir penularan penyakit. Dengan menggunakan sarung tangan yang steril maka lingkungan bisa terbebas dari ancaman infeksi. Jika kita berkunjung ke rumah sakit atau tempat pengobatan lainnya maka kita akan melihat para tenaga medis menggunakan sarung tangan steril ketika sedang melakukan tindakan yang mengharuskan mereka melakukan kontak langsung dengan pasien ataupun ketika mereka hendak memegang alat-alat kesehatan.

Jika penggunaan sarung tangan steril disepelekan maka kemungkinan akan terjadi penyebaran atau kontaminasi dan infeksi seperti bakteri. Misalnya saja ketika dokter menangani pasien yang diketahui atau berpotensi membawa bakteri maka dokter akan memakai sarung tangan steril. Dengan begitu bakteri dan mikroorganisme lainnya tidak akan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain ataupun dari satu orang ke orang lain. Dalam menggunakan sarung tangan steril ada prosedur atau SOP-nya tersendiri sehingga tidak benar jika kita berfikir bahwa sarung tangan steril dipakai tanpa ada petunjuk dan prosedurnya. Sebelum menggunakan sarung tangan steril, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti:

 

– Sarung tangan steril

Sarung tangan steril merupakan komponen utama dan biasanya petugas medis menggunakan sarung tangan yang sudah terstandar menurut aturan kesehatan yang berlaku. Sarung tangan steril cukup fleksibel sehingga nyaman dan akan pas digunakan ditangan. Ada berbagai bahan yang digunakan untuk membuat sarung tangan steril seperti lateks, karet atau karet sintetis.

 

– Air mengalir dan sabun

Air mengalir dan sabun dibutuhkan untuk mencuci atau mensterilkan tangan. Air mengalir digunakan agar bakteri ataupun virus dan mikroorganisme yang dibersihkan dari tangan bisa langsung terbuang dan tidak ada kontaminasi silang. Sabun yang digunakan biasanya sabun antiseptik agar tangan bisa lebih bersih optimal.

 

– Handuk bersih

Handuk bersih digunakan untuk mengeringkan tangan. Biasanya handuk dicuci secara berkala untuk mencegah penumpukan bakteri. Selain handuk, tissue juga terkadang digunakan sebagai pilihan.

Setelah menyiapkan berbagai keperluan diawal, kini saatnya untuk menggunakan sterile gloves sesuai prosedur yaitu:

– Melepas atribut ditangan

Apapun yang dipakai ditangan seperti cincin, gelang, jam tangan, ataupun aksesoris lainnya harus dilepas terlebih dahulu.

– Cuci tangan

Selanjutnya adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan minimal dilakukan 30 detik agar tangan bisa benar-benar steril. Setelah dicuci bersih, keringkan tangan dengan handuk bersih ataupun tissue.

– Mulai pemakaian

Selanjutnya yaitu membuka kemasan sarung tangan. Setelah itu, letakkan sarung tangan ditempat yang bersih kemudian pakai pada tangan yang dominan terlebih dahulu. Untuk menjaga agar tetap steril, bagian manset pada sarung tanganlah yang dipegang untuk memakaikan sarung tangan. Memakai sarung tangan steril ini harus hati-hati dan tidak membiarkan permukaan sarung mengenai tangan yang terbuka atau tempat yang tidak steril.

Ternyata memakai sarung tangan steril pun memiliki prosedurnya tersendiri sehingga memang para petugas medis tidak sembarangan dan sangat mendetil. Sterile gloves yang digunakan di rumah sakit oleh para petugas medis juga tidak sembarangan karena dibuat sesuai standar kesehatan yang berlaku. Biasanya rumah sakit bekerja sama dengan distributor alkes (alat kesehatan) untuk mensuplai berbagai kebutuhan alat medis termasuk sarung tangan steril. Selain distributor, pihak rumah sakit juga biasanya bekerja sama dengan manufaktur alat kesehatan yang terpercaya. Dengan begitu, kualitas sarung tangan memang terjamin.

Menggunakan Sterile Gloves Yang Berkualitas